Muhibah Budaya Jalur Rempah KRI Dewa Ruci Kunjungi Kota Dumai

kri dewa ruci di Dumai
Credit Image : Instagram indonesian_military

Dapat kabar menarik beberapa selebaran banner dan share gambar dari teman dan pemko kota Dumai di beranda baik WAG maupun FB admin, kapal kebanggaan Indonesia, dimana kapal latih perang bertiang dengan layar satu satunya kapal tipe barquentine (kapal bertiang tiga atau lebih) yang ada di Dunia, dengan nama KRI Dewa Ruci akan singgah di kota Dumai. Wah sangat menarik untuk diulas dan share kembali dari mimin, disini ada beberapa kegiatan yang akan diadakan oleh Pemko Dumai dalam menyambut Muhibbah Budaya Jalur Rempah KRI Dewa Ruci singgah ke kota Dumai.

Dari beberapa informasi baik dari medsos dan media online yang di dapat. KRI Dewa Ruci akan mengunjungi Dumai dalam rangka Muhibbah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024. Kegiatan ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menelusuri jejak sejarah maritim Indonesia dan mempererat persatuan bangsa melalui budaya.

Dumai merupakan salah satu dari 11 titik singgah KRI Dewa Ruci dalam pelayaran MBJR 2024. Kapal ini tiba di Dumai pada tanggal 16 Juni dan bersandar di Pelabuhan Pelindo Dermaga C. Dan Akan kembali berlayar pada tanggal 19 Juni.

Tentunya menjadi momen menarik bagi saya untuk menggali informasi apa saja kegiatan yang akan diselenggarakan selama persinggahan KRI Dewa Ruci. Dan berbagi share ke pungunjung abjo dumai semoga bermanfaat.

KRI Dewa Ruci merupakan simbol kejayaan maritim Indonesia dan menjadi kebanggaan bangsa. Kapal ini telah banyak mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

KRI Dewa Ruci memiliki panjang 58 meter, lebar 9,5 meter, dan tinggi tiang 45 meter. Kapal ini diawaki oleh 75 orang personel. KRI Dewaruci digunakan untuk melatih taruna-taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) dalam pelayaran dan navigasi. Kapal ini juga sering digunakan untuk misi muhibah ke luar negeri.(Sumber Wikipedia)

Kabar terbaik dari Pemko Kota Dumai untuk mensukseskan giat Muhibbah Budaya Jalur Rempah  KRI Kota Dumai, sesuai rencana akan mengadakan berbagai kegiatan, antara lain:

  • Pameran kebudayaan maritim
  • Pameran tentang sejarah maritim
  • Pertunjukan seni dan budaya multikultur
  • Open ship untuk masyarakat umum

Kegiatan sempena MBJR 2024 di kota Dumai diadakan selama 4 hari  dari informasi yang di dapat sbb :

Hari Pertama : Minggu, 16 Juni 2024

Pagi (Jam 09.00 WIB)

* Penyambutan Kedatangan Rombongan Muhibbah Budaya Jalur Rempah di Pelabuhan Dermaga C Pelindo Dumai. 

Siang ( 14.00 - 17.00 WIB )

* Gelar Pameran Foto Sejarah dan Warisan Budaya

* Gelar gerai kuliner tradisional

* Pameran dan workshop permainan tradisional, gelar budaya melayu sempena jalur rempah.

Kegiatan diadakan di taman bukit gelanggang

Hari Kedua : Senen, 17 Juni 2024

Malam (Jam 20.00 - 22.30 WIB)

* Gelar Festival Budaya Multikuktur.

Malam Festival budaya multikultur diadakan di Taman Bukit Gelanggang Kota Dumai

Hari Ketiga : Selasa, 18 Juni 2024

Pagi - Malam ( Jam 09.00 - 22.00 WIB )

* Gelar Open Ship, dengan Trip Berlayar Bersama KRI Dewa Ruci, Maximal 20 Orang dengan Durasi sekitar 15 menit di Pelabuhan Dermaga C Pelindo Dumai

Kesempatan menarik bagi kita yang ingin mencoba dapat berlayar dengan KRI Dewa Ruci kebanggan kita. Secara terbuka siapa saja dapat trip berlayar. Wah keren di temani Taruna Dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AA).

Hari Keempat : Rabu, 19 Juni 2024

Pagi ( Jam 08.00 - 10.00 WIB )

* Acara Penutupan dan Pelepasan Rombongan MBJR KRI Dewa Ruci menuju jalur titik singgah berikutnya.

Kegiatan diadakan di Pelabuhan Dermaga C Pelindo Dumai.

Nah itulah beberapa kabar kegiatan yang di share kembali untuk teman teman dan pengunjung abjo dumai sempena kehadiran KRI Dewa Ruci di Kota Dumai. Semoga berbagi share ini bermanfaat, 


Sumber image : WAG Share

Tunggu apalagi yuk catat tanggal nya dan kita ramaikan mari kita sukseskan MBJR KRI Dewa Ruci dan kedatanganya di Kota Dumai.


0 Komentar